JCCNetwork.id-Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi menyampaikan apresiasinya atas inisiatif Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang meluncurkan layanan ‘Lapor Mas Wapres’. Menurut Prasetyo, layanan tersebut merupakan ide murni dari Wapres Gibran untuk memperkuat komunikasi langsung antara masyarakat dan pemerintah.
“Kalau bentuknya ya dari Pak Wapres (idenya),” kata Prasetyo.
Meski tidak ada instruksi langsung dari Presiden Prabowo Subianto, Prasetyo menegaskan bahwa Presiden Prabowo mendukung penuh inisiatif ini. Bagi Prasetyo, dukungan tersebut mencerminkan semangat kerja sama di pemerintahan Prabowo yang ingin lebih terbuka dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.
“Kalau secara langsung (arahan) tidak ya, tapi bagi kami itu semangat yang baik,” ujarnya.
Layanan ‘Lapor Mas Wapres’ bertujuan untuk mempermudah masyarakat menyampaikan aspirasi dan keluhan mereka kepada pemerintah, tanpa harus terhalang oleh birokrasi yang rumit. Prasetyo menekankan pentingnya membuka ruang komunikasi yang langsung dan mudah diakses. Pemerintah, menurutnya, ingin meninggalkan model birokrasi yang kaku dan feodal, demi merespons lebih cepat segala permasalahan yang dihadapi masyarakat.
“Pemerintahan ini ingin mendengarkan semua membuka sekat-sekat komunikasi pemerintah dengan masyarakat secara langsung, seluruh mekanisme kita coba jajaki melalui struktur kementerian kita mempererat komunikasi sebagaimana beliau sampaikan kita mesti meninggalkan hal-hal yang feodal dan birokratis itu,” ucapnya.”Karena beban masalah masyarakat tidak direspons dengan cepat, saya kira semangatnya bagus sekali,” sambungnya.
Langkah Wapres Gibran dalam mendirikan posko aduan ‘Lapor Mas Wapres’ di Istana Wakil Presiden, Jakarta, menunjukkan tekad pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Deputi Administrasi Sekretariat Wakil Presiden, Sapto Harjono, mengungkapkan bahwa posko tersebut dibentuk untuk memberikan kemudahan tambahan bagi masyarakat dalam menyampaikan aduan mereka.
“Pada intinya Bapak Wapres, Wakil Presiden, memberikan perhatian terhadap upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan beliau ingin semakin memudahkan masyarakat menyampaikan aduannya dengan membuka kanal baru Lapor Mas Wapres,” kata Deputi Administrasi Sekretariat Wakil Presiden RI Sapto Harjono.
Sapto menjelaskan bahwa sebenarnya telah ada berbagai kanal aduan di luar sana, namun dengan adanya ‘Lapor Mas Wapres’, masyarakat akan semakin mudah untuk menyuarakan permasalahan yang dihadapi. Menurutnya, tambahan kanal baru ini diharapkan dapat memperkuat efektivitas komunikasi antara masyarakat dan pemerintah, terutama dalam menampung dan menindaklanjuti setiap aspirasi dan keluhan yang masuk
Inisiatif ini diharapkan menjadi salah satu langkah konkret dari pemerintahan Prabowo-Gibran dalam membangun negara yang lebih responsif dan dekat dengan rakyat, serta menghadirkan solusi nyata bagi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat luas.
“Sebenarnya di luar kanal ini sudah banyak kanal-kanal lain, namun demikian dengan adanya tambahan kanal baru ini insyaallah masyarakat akan semakin mudah menyampaikan aduannya,” ucapnya.