IKA ITS Beri Rekomendasi Bagi Proses Pembangunan di Indonesia

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) Jakarta Raya memberikan rekomendasi bagi proses pembangunan Indonesia. Salah satunya tentang energi terbarukan dan industri otomotif di Indonesia. Pasalnya mereka sepakat bahwa, pembangunan Indonesia meski gunakan pendekatan manusia dan lingkungan.

Ketua IKA ITS Jakarta Raya yang baru terpilih Wiluyo Kusdwiharto, menyampaikan pihaknya terus mendukung upaya hilirisasi produk inovasi dan teknologi. Terutama dalam prakarsa bisnis membesarkan dana abadi ITS dalam rangka implementasi kerjasama pemerintah, perguruan tinggi, industri, bisnis, dan masyarakat.

- Advertisement -

Lalu mendukung dan mendorong pencapaian target Net Zero Emission (NZE), nol emisi karbon, 2060 dengan menitikberatkan pada sektor industri sebesar 55 persen dan sektor transportasi 34 persen.  Melakukan dekarbonisasi dan transisi di sektor energi dan transportasi untuk menurunkan tingkat polusi kota.

Mendukung ekosistem industri ya berbasis pada energi baru terbarukan serta melakukan kajian pemetaan dan pengaturan tata guna lahan yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan fasilitas pendukung transisi energi.

Mendorong perencanaan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dan berkelanjutan, mulai dari penyediaan kendaraan (transportasi massal dan pribadi), infrastruktur pengisian daya atau penukaran baterai, penyimpanan energi, energi bersih yang digunakan, hingga daur ulang baterai.

- Advertisement -

IKA ITS Jakarta Raya Dukung Jaringan Terinterkoneksi Transmisi HVDC 500 kv Sumatera-Jawa dan Kalimantan-Jawa

 

Mereka juga mendukung Implementasi secara masif program Waste to Energy untuk menghasilkan energi bersih dan juga mengurangi sampah;  mendukung dan mendorong pembangunan jaringan terinterkoneksi transmisi HVDC 500 kv Sumatera-Jawa dan Kalimantan-Jawa untuk menggantikan semua pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Pulau Jawa.

- Advertisement -

IKA ITS juga memberikan rekomendasi pada bidang smart city (kota cerdas) dan smart transportation (transportasi cerdas) pasca pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Mereka mendukung pembangunan transportasi cerdas Jakarta sebagai kota global pasca pembangunan IKN Nusantara melalui pendekatan yang humanis.

“Yaitu mengedepankan manusia dan kemanusiaan, yang artinya selamat, sehat, bahagia, sejahtera, dan damai,” kata Wiluyo melansir Antara, Rabu (8/3/2023).

ITS dan alumni mengambil peran strategis dalam pengembangan dan ekosistem kendaraan listrik nasional. Juga berharap dapat menjadi mitra Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan dapat lebih berperan dalam pembangunan Jakarta di masa yang akan datang.

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER