JCCNetwork.id- Film animasi Jumbo produksi Visinema Studios mencatatkan pencapaian luar biasa dengan meraih 9,28 juta penonton di bioskop hingga 11 Mei 2025. Capaian ini menjadikan Jumbo sebagai film Indonesia terlaris kedua sepanjang masa, menggeser posisi Agak Laen yang sebelumnya berada di peringkat tersebut dengan 9,12 juta penonton.
Data ini dirilis oleh situs pemantau box office nasional, Cinepoint, dan mencatat bahwa jumlah tersebut diraih Jumbo hanya dalam 42 hari penayangannya. Sebagai perbandingan, Agak Laen membutuhkan waktu 98 hari untuk mencapai angka serupa.
Capaian tersebut mendapat tanggapan langsung dari Ernest Prakasa, produser Agak Laen sekaligus pendiri rumah produksi Imajinari. Melalui akun Instagram pribadinya, Ernest menyampaikan ucapan selamat kepada tim Jumbo dengan mengunggah poster film Jumbo dan Agak Laen berdampingan.
“Jumbo resmi menyalip posisi Agak Laen sebagai film terlaris Indonesia kedua. Memang agak laen,” kata Ernest dalam unggahannya seperti dikutip Senin (12/5/2025).
Ernest juga menyebut keberhasilan film animasi garapan sutradara Ryan Adriandhy itu sebagai kekalahan yang membanggakan. Ia bahkan menyuarakan harapannya agar Jumbo bisa melampaui rekor film horor KKN di Desa Penari, yang hingga kini masih menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan total 10,06 juta penonton.
“Jika dianggap sebagai sebuah kekalahan, maka ini adalah kekalahan paling membanggakan. Next stop: film Indonesia nomor 1 sepanjang masa, let’s go,” kata Ernest.
Tanggapan tersebut juga mendapat respons dari Ryan Adriandhy. Dalam kolom komentar unggahan Ernest, Ryan menyampaikan rasa terima kasihnya dan menyebut keberhasilan Jumbo sebagai kemenangan bagi industri film Indonesia.
“Big win untuk film Indonesia. Thank you, Nest,” kata Ryan dalam pernyataannya di kolom komentar.
Menanggapi capaian ini, CEO Visinema Studios, Herry B. Salim, menyatakan bahwa keberhasilan Jumbo bukan sekadar prestasi angka, melainkan dorongan semangat bagi Visinema untuk terus memproduksi konten berkualitas bagi anak-anak dan keluarga.
“Film Jumbo sudah menjadi milik anak-anak dan keluarga Indonesia sesuai dengan tagline kami #JumboUntukSemua. Tentunya, apa yang telah diraih oleh Jumbo menjadi booster baru bagi seluruh keluarga besar Visinema Studios dan Visinema Group,” kata Herry.
Dengan momentum yang terus meningkat, Jumbo berpeluang besar untuk melampaui rekor dan mencetak sejarah sebagai film terlaris sepanjang masa di Indonesia.