Transformasi Jakarta Pasca-Pindah IKN: Gedung Bekas Kementerian Akan Dikonversi Menjadi Mal Baru

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Para pengusaha ritel telah mengusulkan rencana menarik yang bisa merubah wajah Jakarta pasca pindahnya ibu kota negara ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Usulan menarik ini datang dari Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Budihardjo Iduansjah.

Menurut Budihardjo, gedung-gedung kosong bekas kementerian/lembaga di Jakarta bisa dialihfungsikan menjadi pusat perbelanjaan. Usulan ini telah disampaikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan dinas terkait. Dia percaya bahwa Jakarta masih memiliki potensi besar sebagai kota belanja, wisata, dan perdagangan.

- Advertisement -

“Ya kita sih terus terang sudah ada pembicaraan kalau nanti (para menteri) pindah. Kan kantor-kantor pemerintah di sini itu kan kosong. Kita sudah sampaikan ke Pak Gubernur (Heru Budi), Jakarta ini punya potensi menjadi kota wisata, kota belanja, kota perdagangan,” kata Budi kepada awak media, Jakarta, Kamis (2/4/2024).

Budihardjo menjelaskan bahwa adanya pusat perbelanjaan baru di Jakarta dapat menarik minat wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia. Menurutnya, wisatawan internasional senang memiliki banyak pilihan belanja saat berkunjung ke suatu negara.

Selain menjadi pusat perbelanjaan, gedung-gedung bekas kementerian yang kosong juga dapat digunakan sebagai kantor perwakilan negara asing. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik wisatawan asing untuk lebih sering mengunjungi Indonesia, khususnya Jakarta.

- Advertisement -

Menanggapi usulan tersebut, Pemprov DKI Jakarta memberikan tanggapan positif. Mereka bahkan telah memiliki program kerja yang bertujuan menjadikan Jakarta sebagai pusat perdagangan internasional.

“Memang ada program kerja untuk ke sana, Jakarta jadi kota perdagangan internasional. Internasionalnya itu yang harus diperkuat. Jadi banyak orang asing di sini, bekas-bekas kantor itu bisa dijadikan kantor perwakilan mereka atau mall atau apa gitu,” jelasnya.

- Advertisement -

Seiring dengan progres pembangunan IKN yang terus dipercepat, sejumlah menteri juga menyatakan kesiapannya untuk segera pindah ke IKN.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) telah selesai dibangun, termasuk yang akan ditempatinya. Dia memastikan bahwa semua proyek pembangunan akan selesai pada Juli 2024.

Setelah itu, proses pemindahan para Aparatur Sipil Negara (ASN) ke IKN akan dimulai setelah Upacara HUT RI pada 17 Agustus 2024 di sana. Basuki menambahkan bahwa hunian sementara ASN akan digunakan oleh petugas upacara terlebih dahulu.

spot_img

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER