Inggris Tekuk Belanda di Menit Terakhir

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Inggris berhasil melangkah ke final Piala Eropa 2024 setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2-1 dalam pertandingan semifinal di Stadion BVB, Dortmund, Rabu waktu setempat atau Kamis dini hari WIB. Di final, The Three Lions akan bertemu Spanyol yang juga menang 2-1 atas Prancis pada semifinal sebelumnya.

Belanda sempat memimpin lebih dahulu melalui gol Xavi Simons, namun Inggris berhasil menyamakan kedudukan lewat penalti Harry Kane. Gol kemenangan Inggris dicetak oleh pemain pengganti Ollie Watkins pada menit ke-91.

- Advertisement -

Pelatih Inggris Gareth Southgate kembali menurunkan Marc Guehi di lini pertahanan setelah menjalani skors, sementara pelatih Belanda Ronald Koeman memilih Donyell Malen sebagai starter di stadion yang sangat akrab dengannya sebagai pemain Borussia Dortmund.

Stadion di Dortmund memiliki kenangan tersendiri bagi Belanda, karena di sanalah Jerman mengalahkan Brazil 2-0 untuk melaju ke final Piala Dunia 1974. Pertandingan baru berjalan tujuh menit saat Simons mencetak gol indah dari jarak 35 meter setelah mencuri bola dari Declan Rice, dan mengarahkan tendangan akurat yang tidak mampu diantisipasi kiper Jordan Pickford.

Belanda unggul, sementara Inggris kembali dalam situasi tertinggal untuk ketiga kalinya dalam turnamen ini. Namun, seperti saat melawan Swiss di perempat final, Inggris segera memberikan respons cepat. Kane memaksa kiper Bart Verbruggen melakukan penyelamatan gemilang dan beberapa saat kemudian, setelah berbenturan dengan Denzel Dumfries, wasit Felix Zwayer memberikan penalti kepada Inggris setelah melihat VAR.

- Advertisement -

Harry Kane, sebagai eksekutor, berhasil mencetak gol meski kiper Verbruggen sudah menebak arah bola. Skor imbang 1-1 membuat pertandingan semakin seru. Dumfries sempat menyelamatkan gawang Belanda dengan menyapu bola sepakan Phil Foden sebelum melewati garis gawang.

Belanda hampir kembali unggul saat tandukan Dumfries dari tendangan sudut Simons membentur mistar gawang. Foden merespons dengan tembakan jarak jauh yang membentur tiang gawang Belanda. Pelatih Koeman kemudian menarik keluar Memphis Depay yang cedera dan menggantikannya dengan Joey Veerman, serta mengganti Malen dengan Wout Werghorst saat turun minum.

- Advertisement -

Pertandingan berjalan lebih hati-hati di babak kedua. Pickford berhasil menggagalkan peluang Virgil van Dijk pada menit ke-65, sementara Belanda mulai mendominasi permainan seiring kelelahan yang dirasakan pemain-pemain utama Inggris. Inggris sempat mencetak gol melalui Bukayo Saka pada menit ke-79, namun dianulir karena offside.

Southgate kemudian memasukkan Ollie Watkins dan Palmer menggantikan Kane dan Foden. Keputusan itu terbukti jitu, karena Watkins berhasil memanfaatkan umpan dari Palmer dan mencetak gol penentu kemenangan dengan tendangan mendatar yang membawa Inggris unggul 2-1.

Dengan hasil ini, Inggris memastikan langkah mereka ke final Piala Eropa 2024 dan siap berhadapan dengan Spanyol dalam perebutan gelar juara.

- Advertisement -

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER