Jakarta Diurutan Kedua Kota Dengan Udara Terburuk di Dunia

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Kualitas udara di ibu kota Indonesia, Jakarta, pada Jumat (21/6/2024) pagi ini mencatatkan peringkat yang memprihatinkan dalam skala global. Menurut data terbaru dari IQAir, Jakarta menduduki posisi kedua sebagai kota dengan udara terburuk di dunia, dengan Indeks Kualitas Udara (AQI) mencapai angka 156 pada pukul 06.19 WIB.

Angka tersebut menunjukkan bahwa kualitas udara di Jakarta saat ini masuk dalam kategori tidak sehat, dengan konsentrasi partikel PM2.5 mencapai 63 mikrogram per meter kubik. Hal ini setara dengan 12,6 kali lipat dari nilai panduan kualitas udara tahunan yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

- Advertisement -

Kategori tidak sehat ini berpotensi merugikan bagi manusia, terutama kelompok yang sensitif, serta dapat menimbulkan kerusakan pada hewan dan tumbuhan, serta nilai estetika lingkungan. Rentang AQI untuk kategori ini berada di antara 100 hingga 200.

Dalam peringkat global ini, Jakarta berada di belakang Kinhasa, Kongo, yang memimpin dengan AQI 176. Di posisi ketiga ada Dubai, Uni Emirat Arab dengan AQI 154, diikuti oleh Delhi, India dengan AQI 149, dan Lima, Peru dengan AQI 120.

Kondisi ini menyoroti tantangan serius yang dihadapi Jakarta dalam mengelola masalah polusi udara, yang dapat berdampak langsung terhadap kesehatan warga serta keberlanjutan lingkungan ibu kota Indonesia. Langkah-langkah strategis dan kolaboratif diharapkan dapat segera ditempuh untuk mengatasi masalah ini guna meningkatkan kualitas udara yang vital bagi kehidupan kota metropolitan ini.

- Advertisement -

BACA LAINNYA

Risma Tempati Posisi Kedua Survei Pilkada Jatim, Sinyal Bakal Lawan Khofifah?

JCCNetwork.id-  Menteri Sosial Tri Rismaharini berada di posisi kedua dalam survei Litbang Kompas terkait Pilkada Jawa Timur meski belum melakukan safari politik. Demikian kata...

BERITA TERBARU

EKONOMI

TERPOPULER