Wawasan Kebangsaan Jelang RAKERNAS, Ini Manifesto Risalah Arah Gerak BEM PTMAI Kedepan

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id – Koorpresnas BEM PTMAI Se- Indonesia Yogi Syahputra Alidrus menyebutkan, kemajuan suatu peradaban tidak dapat dilepas dari peran sumber daya generasi muda di dalamnya.

Bahkan, dengan memiliki kapasitas etos, intelektual dan semangat kolaborasi yang tinggi, generasi ini dapat mendinamisir kehidupan bangsa, ke arah yang lebih baik.

- Advertisement -

“Tentu saja, kemajuan itu dapat diperoleh di atas perjuangan generasi muda terpelajar atau berpendidikan. Sehingga, BEM Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah Se- Indonesia (BEM PTMAI) adalah bagian dari komponen penting ini,” kata Yogi melalui press release yang diterima, Senin, (22/04/2024).

Menurutnya, problem kebangsaan hari ini, tidak lain dari masalah anak muda. Sebab, sektor informal yang didominasi generasi ini, memiliki kualitas, keamanan, dan tingkat upah rendah.

Oleh karena itu, upaya sitematis lanjut Yogi perlu dilakukan negara dan masyarakat, termasuk generasi muda yang ada di BEM PTMAI untuk meningkatkan peluang Indonesia menjadi negara maju kedepannya.

- Advertisement -

“Telisik dari permasalahan isu yang kerap terjadi pada bangsa hari ini, maka BEM PTMAI harusnya mengacu kepada kehendak umum (kemaslahatan umat),” terangnya.

Tak hanya itu saja, Yogi menuturkan, tidak ada satupun peradaban maju, dibangun hanya dengan satu kekuatan hegemonik. Sehingga, diperlukan demokratisasi yang nerupakan keniscayaan, dan harus diperjuangkan oleh setiap individu, termasuk para seluruh Mahasiswa/Mahasiswi Muhammadiyah se- Indonesia.

- Advertisement -

Yogi menuturkan, terdapat beberapa esensial wawasan BEM PTMAI kedepan yang  akan bergerak secara inklusif. Pertama, implementasi Nilai-nilai atau prinsip organisasi.

Kedua, memperkuat daya kritis serta menjadikan peresponan isu kebijakan publik sebagai candradimuka untuk BEM PTMAI itu sendiri. Ketiga, tranformasi sosial dan merawat kebhinekaan yang beragam sesuai dengan asa inklusif berkemajuan. Keempat, implementasi nilai religiusitas yang berkemajuan.

“Terakhir, kemandirian Ekonomi Kreatif, dan Menghiasi produk digital sebagai langkah taktis untuk kita bersama-sama menunjukan BEM PTMAI sebagai alieansi yang mengutamakan asaa maruf nahi mungkar serta mengkomplekskan ide mitra strategis dengan keadaban publik yang sesuai dengan etika moral peradaban,” terangnya.

Rupanya arus perubahan zaman bergerak ke arah keterbukaan sebut Yogi, terdapat banyak kemudahan, sekaligus masalah yang muncul sebagai konseskuensinya.

“Mulai dari isu-isu seputar kesetaraan gender, krisis iklim, lompatan teknologi dan lainya menjadi bagian yang tak terpisahkan dari perhatian BEM PTMAI se Indonesia;” jelasnya.

Oleh karena itu saya mengidentifikasi ada Tiga pilar utama yang terdapat dalam tubuh BEM PTMAI sebagai aliansi yang mengutamakan asas maruf nahi mungkar.

“Diantaranya pilar Ilmu Alamiah, dan Amal ilmiah, pilar Social Movement, dan pilar pergerakan,” ucapnya.

Merefleksikan soal kebijakan yang ada merupakan salah satu chiri khas dari mahasiswa itu sendiri sebagai agen of kontrol. Oleh karena itu kedepanya BEM PTMAI akan mengedepankan gerakan-gerakan yang membela kaum mustad afin sehingga terciptanya peradaban yang mengutamakan esensi keadilan dan kepastian.

“Tiga pilar itu selain sebagai bentuk eksistensi dan kontribusi nyata, BEM PTMAI bagi bangsa dan negara, juga sebagai jaminan untuk mewujudkan kemandirian garakannya,” timpalnya.

Hal ini kata Yogi, adalah maksud dari narasi-narasi teologis dan akademis yang melangit untuk dibumikan dalam aksi nyata secara bersama-sama sehingga terciptanya paripurna yang sesunguhnya.

Maka dari itu, inilah terang Yogi yang disebut sebagai Kolektif Paripurna. Sebab, BEM PTMAI meyakini, Kebersamaan adalah nilai fitrah terbesar untuk menciptakan peradaban yang lebih tinggi.

“Kendati begitu, posisi tawar anak muda BEM PTMAI  harus melintasi multisektor, baik formal-informal, tingkat Desa hingga dunia internasional,” tutupnya.

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER