Dosen Fasilkom Mercu Buana Latih Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Kualitas SDM Sekolah

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id – Sejumlah dosen dan mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Mercu Buana Jakarta memberikan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sekolah. Pelatihan tersebut diikuti oleh para guru dan pegawai di lingkungan Yayasan Asih Budi di wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur.

Sekretaris Prodi Teknik Informatika Wawan Gunawan dalam sambutannya mengatakan dunia pendidikan perlu menerapkan berbagai teknologi informasi yang sudah semakin maju ini, baik di dalam pengelolaan manajemen pendidikan maupun dalam kegiatan pembelajaran.

- Advertisement -

“Banyak platform aplikasi teknologi informasi yang bisa dimanfaatkan guru-guru untuk mempermudah kegiatan pembelajaran, memperkaya materi pengajarannya, dan bagi pegawai untuk memaksimalkan pengelolaan administrasi. Sehingga kegiatan pengabdian masyarakat yang kami laksanakan ini fokusnya adalah membantu para guru dan pegawai dalam pemanfaatan teknologi informasi tersebut, ” ujar Wawan Gunawan, kepada JCCNetwork.id

Sementara itu, Pelaksana Pengurus Harian Yayasan Budi Asih yang juga Kepala Bidang Pendidikan dan Latihan, Sudarno, menyambut baik kegiatan pelatihan ini karena para guru dan pegawai bisa mendapatkan ilmu baru dalam hal pemanfaatan teknologi yang bisa langsung diterapkan untuk kegiatan belajar mengajar.

- Advertisement -

“Membuat quiz dengan aplikasi Quizizz dan membuat presentasi dengan aplikasi Canva salah satu yang menarik. Karena selama ini kan apa-apa mau presentasi ya pake Power Point sedang yang ada di Canva ini justru tampilan presentasinya lebih menarik dan justru bagus banget,” ujar Aryanto.

Sejumlah materi yang dilatihkan dan langsung dipraktekan oleh para guru dan pegawai adalah materi membuat presentasi dengan aplikasi Canva, membuat video Sosial Media dengan aplikasi InShot, Asyik Belajar dengan Quizizz, Screen Recording dan Streaming Online, serta Optimalisasi Ms Excell sebagai alat bantu penentuan siswa berprestasi terintegrasi Whatsapp.

- Advertisement -

Para dosen dari Fasilkom UMB yang menyampaikan materi dan memberikan pelatihan antara lain, Muhammad Rifqi,Saruni Dwiasnati, Rahmat Rian Hidayat, Yudo Devianto, Dwiki Jatikusumo, Eugenius Kau Suni, dan Ifan Prihandi,Yunita Sartika Sari.

Pelatihan yang berlangsung selama satu hari penuh ini diikuti sekitar 25 orang peserta yang terdiri dari guru dan pegawai di lingkungan Yayasan Asih Budi. Para peserta mengaku mendapatkan banyak hal baru yang nantinya bisa langsung diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dan pengelolaan manajemen sekolah.

- Advertisement -

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER