PPDB Online 2024 Terkendala Gegara Perubahan Server

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun 2024 di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengalami sejumlah hambatan yang signifikan. Perubahan server dari yang sebelumnya dikelola oleh Telkom menjadi tanggung jawab Pusdatin Kemendikbud Ristek menyebabkan proses verifikasi pendaftaran siswa baru berjalan lambat.

Hal ini menjadi masalah bagi operator sekolah yang bertugas memasukkan berkas pendaftaran ke dalam sistem aplikasi.

- Advertisement -

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Losari Brebes, Budi Wahyono, mengkonfirmasi adanya masalah pada akses internet yang mengganggu proses verifikasi. Budi menyatakan bahwa dari 310 pendaftar yang masuk pada hari pertama, hanya 17 yang berhasil diverifikasi.

“Dari 310 pendaftar yang masuk pada hari pertama kemarin, baru 17 pendaftar calon peserta didik, yang sudah bisa terverifikasi,” jelas Budi Wahyono di Brebes, Selasa, 25 Juni 2024.

Masalah ini diperparah oleh kurangnya sosialisasi mengenai perubahan sistem PPDB online yang diterima oleh para operator sekolah, yang dirasa terlalu dekat dengan waktu pendaftaran. Banyak operator kesulitan beradaptasi dengan perubahan mendadak tersebut.

- Advertisement -

Rita, salah satu orang tua calon siswa, menyatakan bahwa sistem pendaftaran PPDB online sangat membingungkan. Dia mengeluhkan bahwa setiap calon siswa harus memiliki akun sendiri, yang menyulitkan bagi banyak orang tua yang tidak memiliki ponsel pintar atau pemahaman yang cukup mengenai cara membuat akun.

“Sedangkan bagi kami orang tua, tidak semuanya memiliki handphone dan belum tentu paham soal akun bagi peserta didik,” tutur Rita.

- Advertisement -

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dindikpora) Brebes, Aditya Perdana, menjelaskan bahwa perubahan aplikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa calon siswa dapat diverifikasi melalui data pokok pendukung atau Dapodik Kemendikbud Ristek.

“Ya, biar bisa terverifikasi dengan data pokok pendukung atau Dapodik Kemendikbud Ristek,” jelas Aditya Perdana.

Di Brebes sendiri, dari 77 SMP Negeri yang ada, baru 59 sekolah yang menerapkan sistem PPDB online. Dindikpora Brebes menargetkan bahwa pada tahun 2025, semua SMP Negeri di kabupaten ini, termasuk yang berada di daerah terpencil, akan sepenuhnya menerapkan PPDB online.

- Advertisement -

BACA LAINNYA

Risma Tempati Posisi Kedua Survei Pilkada Jatim, Sinyal Bakal Lawan Khofifah?

JCCNetwork.id-  Menteri Sosial Tri Rismaharini berada di posisi kedua dalam survei Litbang Kompas terkait Pilkada Jawa Timur meski belum melakukan safari politik. Demikian kata...

BERITA TERBARU

EKONOMI

TERPOPULER