HRD PT IMIP Dipecat Usai Viral Sebut Calon Karyawan dengan Kata ‘Sampah’

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) baru-baru ini menjadi pusat perhatian setelah video seorang pegawai HRD mereka, Zein Isa Kirsna, viral di media sosial. Dalam video tersebut, Zein tampak meneriaki calon karyawan bernama I Made Diana dengan kata ‘sampah’ setelah mendapati Made merokok di dalam ruangan kantor yang jelas-jelas melarang aktivitas merokok.

Insiden yang memicu kehebohan ini terjadi di salah satu kantor PT IMIP pada Juni 2024. Menurut keterangan Media Relations Head PT IMIP, Dedy Kurniawan, kejadian bermula saat Zein Isa Kirsna, seorang pegawai HRD, mendapati I Made merokok di dalam ruangan yang jelas terdapat tanda larangan merokok.

- Advertisement -

“Ada calon karyawan kedapatan merokok di dalam ruangan yang sudah jelas tertulis dilarang merokok,” ujar Dedy, Senin (24/6/2024), dikutip.

Menanggapi pelanggaran tersebut, Zein marah dan menyita kartu identitas pendaftaran I Made, sambil mengeluarkan kata-kata kasar.

Setelah video insiden tersebut menyebar luas, PT IMIP segera mengambil tindakan. Pihak perusahaan memutuskan untuk memecat Zein Isa Kirsna karena dinilai tidak pantas dalam menangani situasi tersebut.

- Advertisement -

“Itu (Zein) sudah dipecat,” ujar Dedy Kurniawan.

Sebaliknya, meskipun I Made Diana melanggar aturan dengan merokok di dalam ruangan, dia tetap diterima bekerja di PT Zhao Hui Nickel (ZHN), sebuah perusahaan dalam kawasan industri IMIP, dengan status percobaan selama enam bulan.

- Advertisement -

“Itu diterima di ZHN, tapi tentu dengan catatan. Dia percobaan 6 bulan kayaknya. Iya (pelanggaran karena merokok jadi penilaian nantinya),” terang Dedy.

Dalam upaya meredam situasi, Zein Isa Kirsna dan I Made Diana tampil dalam sebuah video permintaan maaf yang dipublikasikan secara luas. Dalam video tersebut, Zein mengenakan seragam kerja dan berdiri bersama I Made, mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada semua pihak yang terlibat.

“Perkenalkan saya Zein Isa Krisna, saya dari departemen HRD perusahaan ZHN, saya adalah orang yang viral pada video belakangan ini. Izinkan saya mengutarakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya,” kata Zein dalam video.

Sementara itu, I Made Diana juga menyampaikan permohonan maafnya dalam video tersebut, mengakui kesalahannya karena merokok di tempat yang tidak seharusnya.

“Saya juga meminta maaf kepada Pak Zein karena telah melanggar peraturan, karena merokok bukan di tempatnya, ke depannya saya tidak akan lagi mengulanginya,” ucap Made.

- Advertisement -

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER