Gempa Guncang Talaud dan Sekitarnya, BMKG Imbau Waspada

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa bumi berkekuatan 5,1 magnitudo telah mengguncang wilayah Pulau Karatung di Talaud, Sulawesi Utara pada hari Minggu, 9 Juni 2024, sekitar pukul 08.04 WIB.

Menurut informasi yang disampaikan melalui aplikasi InfoBMKG pada hari Minggu, pusat gempa tersebut terletak di laut pada kedalaman 45 kilometer. Lokasi tepatnya berada pada koordinat 4.88 Lintang Utara dan 126.24 Bujur Timur, sekitar 94 kilometer di barat laut Pulau Karatung.

- Advertisement -

Gempa tersebut tidak hanya dirasakan di Pulau Karatung, tetapi juga diperkirakan terasa di daerah sekitarnya seperti Melonguane, Tahuna di Kepulauan Sangihe, dan Kota Manado yang berjarak sekitar 400 kilometer dari pusat gempa. Hal ini berdasarkan analisis awal dari seismolog BMKG.

BMKG mengonfirmasi bahwa gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Namun, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tenang. Masyarakat diminta untuk tidak terpengaruh oleh rumor atau informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai BMKG menyelesaikan analisis menyeluruh mengenai kejadian ini.

- Advertisement -

Informasi lebih lanjut dan hasil analisis resmi dari BMKG dapat diakses melalui aplikasi daring InfoBMKG, media sosial InfoBMKG, atau dengan menghubungi kantor BMKG terdekat.

spot_img

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER