Gunung Ruang Terus Meletus, Masyarakat Diminta Waspada

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Gunung Ruang, salah satu gunung api yang terletak di Pulau Tagulandang, menggegerkan warga pada Selasa pagi (30/4/2024) dengan erupsi dahsyatnya. Menurut laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi kolom letusan mencapai 5.000 meter di atas puncak, atau sekitar 2.725 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu yang kelabu hingga hitam mengalir ke arah timur dan selatan dengan intensitas yang mengkhawatirkan.

- Advertisement -

Sebagai langkah pencegahan, masyarakat dan wisatawan di sekitar Gunung Ruang diminta untuk tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif. Evakuasi juga diperintahkan bagi penduduk di Pulau Tagulandang yang berada dalam radius 6 km untuk segera mencari tempat aman di luar radius tersebut.

Penduduk di Pulau Tagulandang, terutama yang tinggal di dekat pantai, diingatkan untuk mewaspadai potensi bahaya seperti lontaran batuan pijar, awan panas, dan bahkan tsunami akibat material erupsi yang mencapai laut.

Selain itu, penting bagi masyarakat untuk menggunakan masker guna melindungi sistem pernapasan dari abu vulkanik yang mungkin mengganggu. Informasi terkini tentang Gunung Ruang harus dipastikan keasliannya, mengingat maraknya berita palsu atau hoaks.

- Advertisement -

Gunung Ruang telah mencatatkan 10 kali letusan sepanjang tahun 2024 ini, dengan status saat ini masih berada pada level Siaga (Level III) setelah sebelumnya meningkat dari level Siaga menjadi Awas pada tanggal 17 April lalu. Situasi terus dimonitor secara ketat oleh pihak berwenang.

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER