Nurul Ghufron Dilaporkan ke Dewas KPK

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Suatu laporan dilayangkan lagi ke Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Laporan tersebut dilakukan oleh Dewan Penasihat IM57+ Institute yang menyoroti Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron. Dalam laporan tersebut, Ghufron dinilai menghalangi proses pemeriksaan kode etik terkait dugaan kasus gratifikasi senilai Rp3 miliar yang melibatkan seorang jaksa.

“Kami memandang perlu melaporkan Nurul Ghufron, karena telah menggunakan pengaruhnya dan wewenangangnya untuk mengganggu atau menghambat suatu penegakan hukum. Kami telah menyampaikan itu ke Dewas KPK tadi. Kami berharap Dewas KPK menindaklanjuti,” kata Dewan Penasihat IM57+ Institute, Novel Baswedan, Sabtu (27/4/2024) dikutip.

- Advertisement -

Lebih lanjut, Novel menyatakan dukungan penuh terhadap langkah yang diambil Dewas KPK. Pengawasan dianggap penting mengingat sorotan yang tengah diarahkan pada lembaga tersebut, terutama dalam konteks meningkatnya kasus pemerasan dan pungli yang melibatkan anggota KPK.

“Secara hukum kami mendukung upaya dewas untuk melakukan pengawasan yang ideal, objektif, progresif terhadap insan KPK. Bukan dalam konteks mencari-cari kesalahan, tetapi konteks memastikan tidak ada perbuatan korupsi atau pelanggaran yang dilakukan insan KPK,” ucap Novel.

Di sisi lain, Albertina Ho, anggota Dewas KPK, mengkonfirmasi bahwa dirinya dilaporkan oleh Nurul Ghufron atas dugaan pelanggaran etik. Laporan tersebut berkaitan dengan tudingan penyalahgunaan kewenangan yang dilakukan Albertina ketika berkoordinasi dengan PPATK.

- Advertisement -

Albertina mengatakan laporan terhadapnya berkaitan dengan penyalahgunaan kewenangan. Menurutnya, Ghufron menilai anggota Dewas KPK itu melakukan kesalahan saat berkoordinasi dengan PPATK.

spot_img

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER