BRI Pimpin Industri Perbankan Indonesia

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), menempati peringkat pertama dalam industri perbankan dan keuangan di Indonesia menurut daftar Fortune Southeast Asia 500. Kabar baik ini diumumkan dalam perhelatan yang berlangsung pada Selasa (18/6/2024), di mana BRI juga berhasil meraih peringkat ke-4 untuk kategori finansial se-Asia Tenggara secara keseluruhan.

Menurut data yang dirilis oleh majalah ekonomi terkemuka dunia, Fortune, BRI mampu mencatatkan pendapatan sebesar 14,9 miliar Dolar AS, dengan keuntungan sebesar 3,9 miliar Dolar AS, dan aset mencapai 127,6 miliar Dolar AS. Keberhasilan ini menempatkan BRI pada peringkat ke-15 di antara 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara, yang dinilai berdasarkan kriteria pendapatan, keuntungan, dan aset.

- Advertisement -

Fortune Southeast Asia 500 sendiri merupakan daftar bergengsi yang mencakup perusahaan-perusahaan dari tujuh negara di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Kamboja. Indonesia memimpin dengan 110 perusahaan, diikuti oleh Thailand dengan 107 perusahaan, Malaysia 89 perusahaan, Singapura 84 perusahaan, Vietnam 70 perusahaan, Filipina 38 perusahaan, dan Kamboja 2 perusahaan.

Menanggapi pencapaian gemilang ini, Clay Chandler, Editor Eksekutif Fortune Asia, menegaskan bahwa daftar ini mencerminkan dinamika dan pertumbuhan ekonomi yang cepat di wilayah Asia Tenggara.

“Fortune Southeast Asia 500 merefleksikan wilayah Asia Tenggara yang dinamis dan cepat berubah, wilayah yang perekonomian utamanya tumbuh lebih cepat dibandingkan Eropa atau Amerika Serikat. Hal ini sebagian disebabkan oleh peran Asia Tenggara yang jauh lebih penting dalam perekonomian global, salah satunya karena sejumlah perusahaan multinasional Global 500 telah mengalihkan lebih banyak rantai pasokan mereka ke negara-negara Asia Tenggara,” ujarnya, dikutip.

- Advertisement -

Prestasi di Fortune Southeast Asia 500 menjadi tambahan gemilang bagi BRI, yang sebelumnya juga telah diakui oleh Forbes sebagai perusahaan terbesar di Indonesia dalam daftar Forbes The Global 2000 untuk tahun 2024. Sunarso, Direktur Utama BRI, menyambut baik pengakuan ini sebagai bukti bahwa upaya strategis yang diambil BRI dalam menghadapi tantangan ekonomi global memberikan hasil yang positif.

“Di tengah ketidakpastian ekonomi global serta era suku bunga tinggi, keberhasilan BRI mendapatkan pengakuan dari Forbes dan Fortune membuktikan bahwa dunia internasional mengakui serta mengapresiasi strategic response yang diambil BRI dalam menghadapi tantangan. Hal tersebut terbukti berhasil menjadi landasan dalam pencapaian kinerja yang positif bagi BRI yang menjadi leader di industri perbankan di Indonesia,” ujarnya.

- Advertisement -

Dengan demikian, keberhasilan BRI tidak hanya memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri perbankan di Indonesia, tetapi juga sebagai representasi dari potensi ekonomi Indonesia di tingkat internasional. Prestasi ini memberikan dorongan positif dalam upaya BRI untuk terus berinovasi dan memperluas kontribusinya bagi perekonomian nasional.

- Advertisement -

BACA LAINNYA

Kenaikan MinyaKita Berisiko Ganggu Harga Komoditas

JCCNetwork.id-  Ketua DPR Puan Maharani mengungkapkan kekhawatirannya atas kenaikan harga dan kelangkaan minyak goreng bersubsidi MinyaKita. Situasi ini perlu segera diatasi untuk menghindari dampak negatif...

BERITA TERBARU

EKONOMI

TERPOPULER