Empat Jam Diperiksa, Tas dan HP Hasto Disita KPK

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id – Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, menjalani pemeriksaan intensif oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama empat jam pada Senin (10/6/2024). Pemeriksaan ini terkait dengan kasus suap yang melibatkan Harun Masiku, mantan caleg PDIP yang masih buron.

Usai pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Hasto menyatakan bahwa penyidik belum mengupas inti dari kasus dugaan suap Masiku. Untuk itu ia siap menghadapi panggilan berikutnya sebagai bagian dari komitmennya terhadap penegakan hukum.

- Advertisement -

“Dalam kesempatan lain kami akan datang memenuhi undangan dari KPK sebagai wujud tanggung jawab dan komitmen sebagai warga negara,” ujar Hasto kepada awak media usai pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK K4, Jakarta Selatan, Senin (10/6/2024).

Insiden di Tengah Pemeriksaan

Selama pemeriksaan, Hasto mengklaim sejumlah insiden terjadi, mengganggu kelancaran proses. Sebab handphone dan tasnya disita oleh penyidik KPK dari stafnya, Kusnadi. Kejadian ini terjadi saat Kusnadi dipanggil oleh penyidik untuk menemui Hasto.

- Advertisement -

“Di tengah-tengah (pemeriksaan) itu staf saya yang namanya Kusnadi itu dipanggil (tim penyidik) katanya untuk bertemu dengan saya, tapi kemudian tasnya dan handphone atas nama saya disita,” jelas Hasto.

Selain itu, Hasto mengungkapkan ketidakpuasan karena tidak diperbolehkan didampingi kuasa hukum selama pemeriksaan. Menurut Hasto, hal ini bertentangan dengan hak-hak saksi sesuai dengan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

- Advertisement -

“Saya sempat berdebat dengan penyidik mengenai hak saya untuk didampingi oleh penasihat hukum. Menurut pemahaman saya, saksi berhak mendapatkan pendampingan hukum sesuai KUHAP,” kata Hasto.

Pemeriksaan Terhambat dan Suasana Tidak Nyaman

Akibat insiden ini, Hasto menyatakan bahwa interaksi langsung dengan penyidik hanya berlangsung sekitar 1,5 jam dari total empat jam yang ia habiskan di gedung KPK.

“Saya di dalam ruangan yang sangat dingin hampir sekitar 4 jam dan bersama penyidik face to face paling lama 1,5 jam,” kata Hasto.

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER