Pandangan Jaksa Agung Soal Vonis Mati Ferdy Sambo

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id-  Vonis hukuman mati yang telah dijatuhkan untuk Ferdy Sambo terkait pembunuhan Brigadir J mendapat tanggapan dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari Jaksa Agung ST Burhanuddin.

“Jaksa Agung sering mengimbau para jaksa untuk menggunakan hati nurani di setiap pengambilan keputusan dalam proses penegakan hukum, karena hati nurani tidak ada dalam buku. Gunakan kepekaan sosial saudara-saudara,” ungkap ST Burhanuddin dalam keterangan Kapuspenkum Kejadung, Minggu (26/2/2023).

- Advertisement -

Dalam kasus Sambo, lanjut dia, Kejaksaan Agung (Kejagung) menyoroti soal sikap banding tidaknya jaksa dengan mempertimbangkan keadilan yang berkembang di masyarakat selama ini. Menurut Burhanuddin sendiri, perkara Sambo sangat disorot.

“Tidak sedikit masyarakat menyampaikan ekspresinya seperti kecewa, puas, atau hanya sekedar menjadi pengikut, dan juga tidak sedikit di antara mereka membentuk fanbase,” tuturnya.

“Fenomena itu merupakan representasi dari keadilan masyarakat yang sesaat dan tentu perlu dikaji seberapa jauh dan banyak suara tersebut menjadi representasi keadilan substantif, terkadang tidak mewakili kata hati seluruhnya,” imbuhnya.

- Advertisement -

Menurut Burhanuddin, jaksa pada akhirnya sebagai dominus litis suatu perkara harus mampu membawa arah penegakan hukum khususnya tindak pidana mulai dari hulu sampai hilir.

Selain itu, kata dia, jaksa harus mengakomodasi kepentingan masyarakat dan arah penegakan hukum sebagai solusi berbagai persoalan hukum di masyarakat.

- Advertisement -

“Sehingga jaksa yang modern di masa yang akan datang bukan saja sebagai jaksa humanis dari segi penegakan hukum, tetapi dapat menjadi bagian dari jawaban/solusi persoalan-persoalan hukum di masyarakat,” tutup Jaksa Agung.

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER