Catatan Buruk Belanda dalam Adu Penalti Semifinal Euro

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Timnas Belanda berusaha keras untuk menghindari skenario adu penalti saat mereka berhadapan dengan Inggris dalam semifinal Euro 2024. Oranje memiliki catatan yang kurang menguntungkan dalam adu tos-tosan di babak empat besar kompetisi ini. Pertandingan semifinal antara Belanda dan Inggris akan berlangsung di Allianz Arena pada Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Belanda berhasil melaju ke semifinal setelah meraih kemenangan comeback 2-1 atas Turki di babak kedua. Di sisi lain, Inggris melaju ke babak ini setelah mengalahkan Swiss lewat adu penalti dengan skor 5-3.

- Advertisement -

Dari lima pertandingan yang telah mereka lakoni, Belanda sudah tertinggal lebih dulu dalam tiga pertandingan. Meskipun demikian, mereka berhasil memenangkan dua di antaranya, sementara satu lainnya berakhir dengan kekalahan 2-3 dari Austria.

Belanda kini berkomitmen untuk tidak lagi kebobolan terlalu awal dan menghindari kesulitan sendiri ketika menghadapi Inggris. Mereka berharap untuk tidak harus mengandalkan adu penalti sebagai penentu hasil pertandingan.

Sejarah menunjukkan bahwa Belanda memiliki rekam jelek dalam adu penalti pada fase semifinal Piala Eropa. Mereka gagal mencapai final dalam dua kesempatan, yaitu pada tahun 1992 dan 2000.

- Advertisement -

Pada tahun 1992, meskipun sebagai juara bertahan, Belanda dikalahkan oleh Denmark di semifinal setelah adu penalti dengan skor 4-5. Marco van Basten gagal mengeksekusi penalti yang bisa digagalkan oleh Peter Schmeichel.

Delapan tahun kemudian, dalam Euro 2000, Belanda sebagai tuan rumah terhenti di semifinal setelah kalah dari Italia dalam adu penalti. Italia menang 3-1 setelah pertandingan berakhir tanpa gol selama 120 menit. Penjaga gawang Italia, Francesco Toldo, menjadi penghalang utama dengan berhasil menepis dua tendangan penalti dari pemain Belanda.

- Advertisement -

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER