Kominfo Upayakan Pemulihan Layanan Publik Buntut Gangguan Pusat Data Nasional

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Gangguan besar pada Pusat Data Nasional (PDN) mengakibatkan terganggunya berbagai layanan publik di Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, menyatakan bahwa pihaknya sedang bekerja keras untuk memulihkan layanan yang terdampak secara bertahap.

Dalam pernyataannya pada hari Kamis, Budi Arie menegaskan bahwa tim teknis dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sedang berupaya maksimal untuk mempercepat proses pemulihan.

- Advertisement -

“Saat ini kami sedang melakukan pemulihan layanan secara bertahap,” ujarnya seraya menambahkan bahwa semua langkah yang diperlukan tengah diambil untuk memastikan gangguan ini dapat diatasi secepat mungkin.

Gangguan pada PDN ini dilaporkan telah mempengaruhi berbagai layanan publik yang bergantung pada pusat data tersebut. Salah satu yang paling terdampak adalah layanan keimigrasian. Dalam unggahan di media sosial X, Kantor Imigrasi Bandung mengonfirmasi bahwa seluruh layanan keimigrasian mengalami gangguan karena masalah teknis pada PDN.

“Sahabat Mido, saat ini sedang terjadi gangguan kesisteman pada Pusat Data Nasional (PDN) sehingga berdampak pada seluruh layanan keimigrasian,” tulis cuitan tersebut.

- Advertisement -

Pusat Data Nasional berfungsi sebagai pusat penyimpanan dan pengelolaan data bagi berbagai instansi pemerintah. Dengan adanya gangguan ini, sejumlah layanan yang dikelola oleh berbagai kementerian dan lembaga pemerintah mengalami kendala operasional.

Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan bahwa proses pemulihan berjalan sesuai rencana. Tim teknis bekerja 24 jam untuk memperbaiki gangguan dan memastikan bahwa layanan dapat kembali normal secepatnya.

- Advertisement -

Meski begitu, Menteri Budi Arie belum merinci secara spesifik penyebab gangguan tersebut atau memberikan estimasi waktu pemulihan secara penuh. Namun, dia menegaskan bahwa Kominfo akan terus memberikan pembaruan kepada publik seiring dengan perkembangan pemulihan.

Gangguan ini telah memicu berbagai tanggapan dari masyarakat, terutama mereka yang sangat bergantung pada layanan keimigrasian dan layanan publik lainnya. Banyak yang berharap pemerintah dapat segera mengatasi masalah ini dan memastikan bahwa kejadian serupa tidak terulang di masa depan.

Pengamat teknologi informasi menyarankan perlunya penguatan infrastruktur dan keamanan pada Pusat Data Nasional untuk mencegah gangguan serupa. Mereka menekankan pentingnya sistem cadangan dan prosedur darurat yang dapat segera diaktifkan saat terjadi masalah.

Krisis ini menjadi pengingat akan pentingnya ketergantungan kita pada teknologi dan betapa vitalnya menjaga infrastruktur digital yang mendukung layanan publik di era modern.

- Advertisement -

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER