Gegara Wasit, Mimpi Olimpiade Timnas U-23 Indonesia Tertunda

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Duka mendalam melanda publik sepak bola Indonesia ketika Garuda Muda menyerah dengan skor 0-2 kepada Uzbekistan dalam pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 pada Senin.

Pengamat sepak bola Akmal Marhali , menyoroti kembali kontroversi yang melibatkan wasit AFC yang diyakini merugikan timnas Indonesia.

- Advertisement -

Kekalahan ini bukan hanya menyudahi impian Garuda Muda untuk melaju ke final, tetapi juga menghambat peluang Indonesia untuk meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Publik Indonesia terpaksa menahan napas dengan dua kesempatan tersisa untuk mewujudkan mimpi itu.

Saat berhadapan dengan Uzbekistan, sorotan tertuju pada tindakan kontroversial wasit VAR asal Thailand, Sivakorn Pu Udom. Dua insiden mencolok mengemuka.

- Advertisement -

Pertama, ketika potensi pelanggaran terhadap Witan Sulaeman berujung pada pembatalan tendangan bebas yang menentukan.

Kedua, ketika gol Muhammad Ferarri ditolak oleh wasit Shen Yinhao karena dianggap offside setelah tinjauan VAR yang kontroversial.

- Advertisement -

Setelah itu timnas Indonesia kembali dirugikan saat gol Muhammad Ferarri tidak disahkan wasit Shen Yinhao, sebab dari tayangan VAR terlihat Ferarri berada dalam posisi offside yang tipis dari sudut tertentu.

“Sivakorn menganggap Sananta kakinya sudah berada dalam posisi offside. Keputusan ini membuat mental pemain kita sedikit jatuh karena mereka tidak menyangka gol Ferarri harus dibatalkan VAR,” kata Akmal, dikutip Selasa (30/4/2024).

Uzbekistan kemudian membuka keunggulan melalui gol Khusaen Norchaev pada menit ke-68.

Saat Indonesia mencoba bangkit, mereka justru harus menghadapi pukulan lebih lanjut ketika kapten Rizky Ridho diusir keluar lapangan.

Kartu merah didapatkan Rizky Ridho setelah melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Uzbekistan.

“Kalau lihat gol-gol mereka, kita lihat itu diciptakan dari pemain pengganti. Artinya Uzbekistan cukup efektif melakukan pergantian pemain,” tambahnya.

Timnas Indonesia akan memperebutkan peringkat ketiga dalam pertandingan melawan tim yang kalah dari Jepang versus Irak pada Kamis (2/5/2024) mendatang.

- Advertisement -

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER