Fuellkrug Jadi Pahlawan, Jerman Terhindar dari Kekalahan di Menit-menit Akhir

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Jerman berhasil lolos dari kekalahan berkat aksi heroik Niclas Fuellkrug di menit-menit terakhir pertandingan grup Piala Eropa 2024 melawan Swiss, dengan skor akhir 1-1. Pertandingan seru ini digelar pada Minggu malam waktu setempat atau Senin dini hari WIB.

Pertandingan yang berlangsung di Frankfurt Arena ini merupakan laga terakhir Grup A. Hasil imbang memastikan Jerman memuncaki klasemen grup dengan perolehan tujuh poin, sementara Swiss mengamankan posisi kedua dengan lima poin. Kedua tim memastikan tiket ke babak 16 besar, tetapi Swiss menghadapi tantangan yang lebih berat dengan kemungkinan melawan juara bertahan Italia atau finalis Piala Dunia 2018, Kroasia.

- Advertisement -

Sebagai tuan rumah turnamen, Jerman melangkah ke pertandingan ini dengan kepercayaan diri tinggi setelah satu dekade kekecewaan di turnamen besar sebelumnya. Dipimpin oleh pemain tengah berpengalaman seperti Ilkay Gundogan dan Toni Kroos, mereka berhasil mengalahkan Skotlandia dan Hungaria dalam dua pertandingan pertama. Namun, energi dan disiplin Swiss menjadi tantangan berat yang hampir menggagalkan upaya mereka untuk menang.

Awal yang Sulit bagi Jerman

Dari awal laga, Jerman tampil dominan dengan strategi bola panjang untuk mengatasi tekanan lini tengah Swiss. Peluang pertama datang pada menit ke-16 ketika Robert Andrich melepaskan tembakan jarak jauh yang gagal ditangkap dengan sempurna oleh kiper Swiss, Yann Sommer. Sayangnya, gol ini dianulir karena Jamal Musiala tertangkap melakukan pelanggaran setelah pemeriksaan VAR.

- Advertisement -

Kejutan datang dari Swiss pada menit ke-28. Musiala kehilangan bola di area berbahaya yang memungkinkan Swiss melancarkan serangan balik. Joshua Kimmich gagal mengendalikan situasi, memberikan peluang bagi Remo Freuler untuk memberikan assist kepada Dan Ndoye, yang sukses menjebol gawang Jerman. Ini menjadi gol pertama yang bersarang di gawang Jerman sepanjang turnamen dan memberikan Swiss keunggulan 1-0.

Jerman Bangkit di Babak Kedua

- Advertisement -

Tertinggal satu gol, Jerman semakin gencar menyerang sepanjang sisa babak pertama dan setelah turun minum. Julian Nagelsmann, pelatih Jerman, membuat beberapa pergantian pemain untuk menyegarkan tim. Namun, Swiss yang tampil dengan pertahanan yang sangat solid, terutama dengan penampilan impresif dari bek Manchester City, Manuel Akanji, berhasil meredam serangan-serangan Jerman.

Saat pertandingan menyisakan 20 menit, Kimmich hampir mencetak gol penyama kedudukan dari jarak dekat, tetapi blok krusial dari Akanji menghalangi upaya tersebut. Harapan Jerman mulai memudar hingga akhirnya Nagelsmann memasukkan Niclas Fuellkrug sebagai pengganti Musiala pada menit ke-76.

Fuellkrug Menjadi Pahlawan

Drama terjadi pada menit ke-92, ketika Fuellkrug, penyerang Borussia Dortmund, berhasil menyundul umpan silang dari David Raum menjadi gol penyama kedudukan. Gol tersebut memastikan Jerman memuncaki klasemen Grup A dan lolos ke babak 16 besar dengan perasaan lega.

Pertandingan ini bukan hanya menyelamatkan wajah Jerman dari kekalahan di kandang sendiri, tetapi juga menunjukkan semangat juang yang kuat dan kemampuan tim untuk bangkit dalam situasi sulit. Dengan hasil ini, Jerman akan menghadapi tim peringkat kedua Grup C di babak selanjutnya, yang saat ini ditempati oleh Denmark.

Dengan performa seperti ini, fans Jerman dapat tetap optimis menyambut tantangan berikutnya di Piala Eropa 2024. Sementara itu, Swiss harus mempersiapkan diri untuk menghadapi lawan berat di babak 16 besar.

- Advertisement -

BACA LAINNYA

Keamanan Data Pemilih: Pilar Utama dalam Mewujudkan Integritas Pilkada 2024

JCCNetwork.id- Dalam rangka mewujudkan Pilkada serentak 2024 yang jujur dan adil, keamanan data pemilih menjadi isu krusial yang tidak bisa diabaikan. Hal tersebut disampaikan...

BERITA TERBARU

EKONOMI

TERPOPULER