Hindari Penyaluran Tak Tepat Mensos Luncurkan Aplikasi Cek Bansos

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Menteri Sosial, Tri Rismaharini, telah meluncurkan aplikasi baru yang bertujuan untuk mempermudah pembaruan data penerima bantuan sosial di seluruh Indonesia. Aplikasi yang diberi nama ‘Cek Bansos’ dijadwalkan akan efektif diterapkan mulai bulan Juni 2024 mendatang.

Melalui aplikasi ‘Cek Bansos’, Kementerian Sosial (Kemensos) akan lebih mudah dalam memantau perubahan data penerima bantuan sosial dari setiap daerah. Perubahan tersebut akan dibantu oleh perangkat desa.

- Advertisement -

Risma menjelaskan bahwa perangkat desa yang berwenang akan bertanggung jawab untuk memperbarui data penerima bantuan sosial dan memberikan update terkini melalui aplikasi ini secara digital. Selain itu, Kemensos juga akan dapat melacak siapa saja yang memberikan rekomendasi pemberian bantuan sosial, sebagai langkah untuk menghindari alokasi yang tidak tepat sasaran.

Seluruh kegiatan desa yang terkait dengan alokasi bantuan sosial diwajibkan untuk diunggah melalui aplikasi ‘Cek Bansos’ guna memastikan transparansi dan mencegah praktik-praktik yang tidak jujur dalam penyaluran bantuan sosial.

spot_img

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER