Masih Masih ‘Bahas-Bahas’ Perpanjangan Izin Ekspor Freeport

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan bahwa pembahasan mengenai perpanjangan izin ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia (PTFI) masih berlangsung.

“Ketentuan perpanjangan izin ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia masih dalam pembahasan,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, dikutip dari Antara, Kamis (9/5/2024).

- Advertisement -

Pernyataan tersebut muncul setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa izin ekspor konsentrat tembaga oleh PTFI, yang saat ini berlaku hingga 31 Mei 2024, akan diperpanjang.

Lebih lanjut, Dadan menjelaskan bahwa kewenangan untuk menghitung dan menetapkan tarif bea keluar untuk ekspor konsentrat tembaga adalah tanggung jawab Kementerian Keuangan.

Menghadapi hal ini, Kementerian ESDM berencana untuk berkomunikasi dengan Kementerian Keuangan terkait ekspor konsentrat tembaga tersebut.

- Advertisement -

“Perhitungan dan penetapan tarif bea keluar terhadap barang ekspor, termasuk produk hasil pengolahan mineral logam tembaga, menjadi kewenangan dari Kementerian Keuangan,” tambah Dadan.

PTFI telah mengajukan perpanjangan (relaksasi) izin ekspor konsentrat tembaga dan lumpur anoda hingga smelter Manyar di Gresik, Jawa Timur, beroperasi penuh pada akhir 2024.

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER