Diplomasi Aktif Indonesia-Arab Saudi Perkuat Dukungan Terhadap Palestina

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi, Tawfiq bin Fauzan Al-Rabiah, menegaskan komitmen bersama dalam mendukung penyelesaian konflik Palestina-Israel.

“Indonesia mengapresiasi upaya bersama dengan Arab Saudi dalam kerangka Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk menggalang dukungan bagi penyelesaian konflik Israel-Palestina,” kata Wapres dikutip dari keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Wapres yang diterima di Jakarta, Rabu (1/5/2024).

- Advertisement -

Dalam pertemuan di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (30/4/2024) mereka menyoroti pentingnya kerjasama dalam menolak kekerasan dan menggalang bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina.

“Indonesia mendorong semua pihak untuk segera menghentikan kekerasan serta memastikan penyaluran bantuan kemanusiaan dapat diterima oleh rakyat Palestina,” kata Wapres, Selasa (30/4/2024).

Indonesia menegaskan dukungan penuhnya dalam mengakhiri konflik tersebut, sementara Arab Saudi mengapresiasi ketegasan Indonesia dan aktif terlibat dalam diplomasi untuk membela hak-hak bangsa Palestina.

- Advertisement -

“Terkait dengan isu Palestina, kami juga sepakat dengan yang Mulia bahwa apa yang telah terjadi di sana merupakan bentuk pelanggaran yang sangat nyata dari negara kolonial, yaitu Israel,” kata Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi, Tawfiq.

“Sebagaimana Yang Mulia ketahui, karena tekad Arab Saudi yang sangat tinggi untuk membela hak-hak bangsa Palestina, Kami telah menyelenggarakan KTT Luar Biasa OKI pada bulan Oktober yang lalu di Riyadh dan Presiden Republik Indonesia juga turut hadir dalam kesempatan tersebut,” ungkapnya.

- Advertisement -

Resolusi penting telah dihasilkan dalam KTT Luar Biasa OKI, termasuk pembentukan komite diplomasi yang melibatkan Indonesia.

“Komite menteri luar negeri (negara-negara yang tergabung dalam OKI tersebut) telah melakukan berbagai macam upaya diplomasi, termasuk mengunjungi beberapa ibu kota dari negara-negara penting,” kata Tawfiq.

Kolaborasi antara kedua negara terus berlanjut, menunjukkan komitmen kuat mereka dalam menyelesaikan konflik Palestina-Israel.

- Advertisement -

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER