Polri Razia Bus Pariwisata Setiap Pekan untuk Kurangi Kecelakaan

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Polri berkomitmen untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya dengan menggelar razia bus pariwisata secara rutin. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap bus yang beroperasi telah memenuhi standar kelaikan jalan yang ditetapkan.

Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Raden Slamet Santoso, mengumumkan bahwa razia ini akan dilakukan setiap minggu bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Kementerian Perhubungan).

- Advertisement -

“Akan kami lakukan dengan Dirjen (Kementerian Perhubungan) setiap minggu dan akan dilakukan sweeping baik itu di tempat wisata atau lainnya,” kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Raden Slamet Santoso dalam keterangan tertulis, Senin, 10 Juni 2024.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk menekan angka kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata, yang sering kali menjadi pilihan utama bagi wisatawan domestik dan asing. Slamet menegaskan bahwa bus yang tidak memenuhi standar keselamatan akan langsung dihentikan operasinya di tempat.

“Akan kami lakukan tindakan dan kami sampaikan kepada PO-nya untuk mengganti dengan kendaraan yang sudah lengkap,” ujar dia.

- Advertisement -

Brigjen Slamet Santoso juga mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan teliti saat memilih bus pariwisata. Ia menyarankan agar calon penumpang atau penyewa selalu memeriksa kelengkapan administrasi dan sertifikasi kelaikan jalan dari bus tersebut.

“Tanyakan kelengkapan administrasi layak operasional dari kendaraan tersebut sehingga terhindar dari kecelakaan,” papar jenderal bintang satu itu.

- Advertisement -

Razia ini bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan keselamatan, tetapi juga untuk mendisiplinkan pengelola bus pariwisata agar selalu mematuhi aturan dan standar keselamatan yang telah ditetapkan. Harapannya, dengan langkah preventif ini, angka kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata dapat berkurang secara signifikan, sehingga keselamatan dan kenyamanan masyarakat dalam menggunakan jasa transportasi bus pariwisata dapat terjamin.

Selain itu, Polri bersama dengan Kementerian Perhubungan akan terus melakukan sosialisasi kepada pengelola dan pengemudi bus tentang pentingnya pemeliharaan kendaraan dan kepatuhan terhadap standar keselamatan. Langkah ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk menciptakan transportasi umum yang lebih aman dan dapat diandalkan di Indonesia.

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER