Gangguan Pusat Data Nasional, Peretas Minta Tebusan Rp131 Miliar

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Serangan siber ransomware telah melumpuhkan Pusat Data Nasional (PDN), mengakibatkan gangguan besar pada berbagai layanan pemerintah. Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengungkapkan bahwa peretas menuntut tebusan sebesar Rp 131 miliar untuk memulihkan akses data yang dienkripsi.

Serangan ini tidak hanya mempengaruhi PDN, tetapi juga berdampak langsung pada operasional sejumlah instansi pemerintah, termasuk sistem keimigrasian.

- Advertisement -

Sementara itu beberapa Waktu lalu, Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) mengonfirmasi bahwa serangan terhadap PDN telah mengganggu seluruh layanan keimigrasian. Melalui akun Instagram resminya, Ditjen Imigrasi menjelaskan bahwa gangguan pada PDN berdampak pada kemampuan mereka untuk memproses layanan keimigrasian secara normal.

Sementara itu, pemerintah segera merespons serangan ini dengan serangkaian tindakan perbaikan. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, menyatakan bahwa ada permasalahan teknis yang perlu diantisipasi untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

Hadi juga menekankan pentingnya memiliki sistem cadangan (backup) yang andal untuk menghadapi situasi darurat seperti ini, dan menyiratkan bahwa cadangan yang ada saat ini mungkin juga menghadapi masalah.

- Advertisement -

“Mudah-mudahan tidak terjadi lagi, dan ini perlu back up kan sebetulnya, ya. Itu mungkinkah back up-nya juga, juga jadi permasalahan,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa Polri sedang mengumpulkan informasi dan bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menyelidiki apakah gangguan ini murni bersifat teknis atau ada elemen lain yang terlibat.

- Advertisement -

“Tentunya kita selalu mengikuti semuanya, melakukan perbaikan-perbaikan sistem keamanan negara ini,” tandasnya.

- Advertisement -

BACA LAINNYA

Mengungkap Rahasia Mengapa Harga Anggur Bisa Membuat Dompet Anda Menjerit

JCCNetwork.id-  Buah anggur adalah buah kecil yang memiliki rasa manis dan segar, sering dikonsumsi langsung atau digunakan dalam berbagai hidangan dan minuman. Anggur kaya...

BERITA TERBARU

EKONOMI

TERPOPULER