2 Kapal Ikan Asing Vietnam Ditangkap di Natuna Utara

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id – Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menangkap dua Kapal Ikan Asing (KIA) asal Vietnam di perairan Laut Natuna Utara, Provinsi Kepulauan Riau.

Plt. Dirjen PSDKP, Pung Nugroho Saksono, mengungkapkan bahwa penindakan dilakukan setelah mendapat informasi dari nelayan lokal tentang aktivitas ilegal dua KIA asal Vietnam, BV 4417 TS (100 GT) dan BV 1182 TS (66 GT), yang menggunakan alat tangkap trawl di wilayah tersebut.

- Advertisement -

“Penindakan ini dilakukan oleh Kapal Pengawas ORCA 02. Saat diamankan, kedua nakhoda KIA Vietnam ini tidak dapat menunjukkan berbagai dokumen-dokumen perizinan penangkapan ikan yang sah,” ujar Pung Nugroho.

Dalam penindakan tersebut, Ditjen PSDKP menyita 15 ton ikan dari kedua KIA yang disita. Pung Nugroho menegaskan bahwa tindakan ini merupakan respons cepat terhadap aduan dari nelayan dan masyarakat setempat.

“Kalau hanya segi dari hasil tangkapan mungkin ini 10 ton, yang sebelah mungkin 5 ton. Namun kapal tersebut menggunakan trawl dan ini merusak terumbu karang yang ada. Kerusakan ekologi itu lebih besar dari ekonomi yang diambil. Ini yang harus kita jaga,” kata dia.

- Advertisement -

Kedua nakhoda KIA Vietnam tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan Pasal 92 Jo Pasal 26 ayat (1) Pasal 98 jo Pasal 42 ayat (3) Sektor Kelautan Dan Perikanan UU No 6 Tahun 2023 Tentang Penetapan Perppu Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja serta Pasal 85 Jo Pasal 9 UU Nomor 45 Tahun 2009 tentang perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 2004 Tentang Perikanan, dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun dan denda maksimal Rp2 miliar.

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER