Harga Emas Terjun Akibat Ketegangan Timur Tengah

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Harga emas hari ini menunjukkan kecenderungan penurunan yang dipicu oleh situasi tegang di Timur Tengah. Menurut analisis dari Deu Calion Futures (DCFX), Andrew Fischer, salah satu faktor utama yang mempengaruhi penurunan harga emas adalah konflik antara Iran dan Israel.

“Iran telah menghentikan serangannya sebagai respons terhadap serangan terhadap kedutaan Iran di Suriah yang dilakukan oleh Israel,” kata dia, dikutip Kamis, 18 April 2024.

- Advertisement -

Meskipun hanya sebagai balasan atas insiden tersebut, tindakan Iran ini memunculkan kekhawatiran akan eskalasi lebih lanjut dari konflik yang berpotensi memicu perang dunia ketiga.

Fischer juga menyoroti bahwa harga emas telah mencapai titik tertinggi baru-baru ini, namun menunjukkan kemungkinan penurunan harga dalam jangka pendek.

“Hal ini sejalan dengan analisis tren dan analisis¬†candlestick¬†yang menunjukkan kecenderungan penurunan,” sebut dia.

- Advertisement -

Dalam rangkuman harga emas hari ini, emas (XAU/USD) mengalami penurunan selama sesi AS. Pada Divisi Comex New York Mercantile Exchange, emas untuk penyerahan Juni diperdagangkan pada USD2,00 per troy ons pada waktu penulisan, menurun 0,80 persen.

Emas kemungkinan akan mendapat support pada USD2.340,20 dan resistance pada USD2.448,80. Selain itu, pergerakan indeks dolar AS berjangka juga memainkan peran penting dalam dinamika harga emas.

- Advertisement -

Indeks Dolar AS Berjangka, yang memantau kinerja greenback versus enam mata uang utama lainnya, mengalami penurunan sebesar 0,25 persen, yang dapat mempengaruhi permintaan terhadap emas sebagai safe haven.

“Meskipun ada penghentian sementara dari serangan oleh Iran, potensi konflik lebih lanjut masih menggantung, yang dapat mempengaruhi harga emas di masa depan,” tutur dia.

spot_img

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER