190 Reptil Langka Gagal Diselundupkan Lewat Bandara Mopah Merauke

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id – Bandara Mopah di Merauke, Papua Selatan, kembali mempertegas reputasinya sebagai garda terdepan melawan perdagangan hewan langka. Dalam upaya tak kenal lelah, Satuan Pelayanan Bandar Udara Mopah telah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 190 reptil langka yang hendak diselundupkan ke Jakarta.

Kepala Karantina Papua Selatan, Cahyono, mengungkapkan bahwa ke-190 reptil tersebut berhasil dicegah masuk dalam dua hari berturut-turut. Sebanyak 157 reptil, terdiri dari 145 ekor kadal soa payung dan 12 ekor biawak coklat, pertama kali terdeteksi pada Jumat (19/4) oleh petugas Avsec, Muhammad Ridwan.

- Advertisement -

Kejadian bermula saat mesin x-ray yang dioperasikan Ridwan menunjukkan kecurigaan terhadap sebuah paket dengan label “herbal”. Namun, bukan herba yang ditemukan, melainkan ratusan reptil yang hendak disembunyikan.

“Berbagai cara digunakan penyelundup untuk menyelundupkan hewan-hewan dengan mengemasnya kedalam paket dengan diberi keterangan seperti herbal atau lainnya ,” jelas Cahyono.

Keesokan harinya, Sabtu (20/4), Lion Air juga melaporkan temuan serupa. Sebuah paket yang berlabel “kotak rias” ternyata berisi 33 ekor kadal soa payung. Cahyono menegaskan bahwa kedua jenis reptil ini merupakan satwa endemik Merauke yang dilindungi.

- Advertisement -

Menurut Cahyono, penyelundupan ini menyoroti masalah serius perdagangan satwa liar yang masih merajalela. Ia memandang perlunya peran serta masyarakat dalam menjaga kelestarian flora dan fauna endemik Merauke.

Di sisi lain, Cahyono menyampaikan apresiasi terhadap sinergitas antarpetugas yang telah mencegah upaya penyelundupan ini. Namun, ia juga menekankan pentingnya kewaspadaan yang lebih tinggi dari petugas di bandara. Harapannya, kejadian serupa bisa dicegah dengan lebih baik di masa mendatang.

- Advertisement -

Peristiwa ini menjadi catatan penting dalam upaya pelestarian alam, di mana keterlibatan semua pihak menjadi kunci untuk melindungi keanekaragaman hayati yang menjadi warisan berharga bagi bangsa Indonesia.

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER