Tolak Timnas Israel, Indonesia Bisa Masuk Daftar Hitam Event Olah Raga Dunia

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Guru Besar Hukum Internasional UI, Hikmahanto Juwana, mengatakan bila Indonesia tidak bisa menerima Timnas Israel yang telah lolos kualifikasi Piala Dunia U-20, maka sebaiknya pemerintah segera berkomunikasi dengan FIFA agar dapat mencari negara lain untuk menjadi tuan rumah.

Namun, hal tersebut akan ada konsekuensinya bagi Indonesia masuk daftar hitam event olah raga dunia.

- Advertisement -

“Konsekuensi Indonesia adalah Indonesia akan masuk dalam daftar hitam event-event olah raga dunia, seperti Olimpiade mengingat keberadaan Israel sebagai peserta diakui,” kata Hikmahanto, dikutip Jumat (24/3/2023).

Menurutnya, Indonesia tidak bisa melakukan intervensi event yang diselenggarakan event organizer seperti FIFA. Kemudian Indonesia tidak memiliki kendali tim mana yang boleh dan tidak boleh berlaga di Indonesia.

“Sekali menyediakan diri sebagai tuan rumah maka Indonesia harus menerima siapa pun negara yang dinyatakan lolos kualifikasi,” kata Hikmahanto.

- Advertisement -

Di samping itu, tekad Indonesia untuk memperjuangkan tanah rakyat Palestina yang saat ini diduduki oleh Israel tidak seharusnya dihubungkan dan menyurutkan tekad tersebut dengan hadirnya Timnas U-20 Israel yang telah lolos kualifikasi.

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER