Bumdes Garda Terdepan Peningkatan Ekonomi Desa

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Badan usaha milik desa (bumdes) merupakan garda terdepan dalam percepatan pemulihan dan peningkatan perekonomian desa. Seperti halnya di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang diakui oleh Bupatinya Marwan Hamami.

“Keberadaan bumdes sangat berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian desa dan juga membantu dalam percepatan pembangunan desa,” kata Marwan Rabu, (15/3/2023).

- Advertisement -

Bumdes, lanjut Marwan,  harus bisa membangkitkan dan mendongkrak perekonomian desa salah satunya menjalin atau menggaet setiap pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di setiap desa.

Kemudian, para pengelola atau pengurus bumdes pun harus selalu berinovasi dan berkreasi dalam memanfaatkan setiap potensi yang dimiliki desa dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dunia usaha seperti UMKM mulai dari mengelola modal, promosi hingga penjualan.

Dengan adanya kolaborasi antara bumdes dengan masyarakat, pihaknya optimistis ekonomi desa bisa dengan cepat tumbuh sehingga kesejahteraan serta perekonomian warga pun ikut terdongkrak naik.

- Advertisement -

“Pengelola harus selalu meningkatkan kapasitas atau kemampuan diri dalam dunia bisnis sehingga menjadi entrepreneur yang cerdas serta mampu bersaing dan dapat memberikan manfaat bahkan keuntungan bagi masyarakat desa,” tambahnya.

Marwan mengatakan dengan semakin kuatnya perekonomian di setiap desa, maka akan berdampak positif terhadap kemampuan daya beli masyarakat sehingga bisa membantu pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan.

- Advertisement -

Namun bumdes pun meski ambil bagian ikut berperan dalam mengendalikan inflasi minimal di tingkat desa.

spot_img

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER