Mahasiswa Indonesia Sabet Juara Olimpiade Sains di Kazakhstan

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Ernest Regia Achmad Chandra, seorang mahasiswa asal Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Suleyman Demirel University di Kota Almaty, Kazakhstan, berhasil meraih gelar juara dalam Olimpiade Sains Mahasiswa Republik ke-16 yang diselenggarakan pada tanggal 25-26 April.

“Alhamdulillah, saya mendapat juara 1 individual dan juara 1 tim kampus di acara XVI Республикалық Студенттік Пәндік Олимпиада/Olimpiade Sains Mahasiswa Republik ke-16,” kata Ernest, seperti dikutip dalam pernyataan pers KBRI Astana, Senin (29/4/2024).

- Advertisement -

Ernest menjadi satu-satunya peserta non-Kazakhstan dalam acara yang diikuti oleh sekitar 48 peserta dari berbagai universitas di Kazakhstan.

“Semua peserta berasal dari Kazakhstan, kecuali saya”, tambahnya.

Olimpiade ini diselenggarakan oleh Universitas Buketov Karaganda di Kazakhstan sebagai tuan rumah Olimpiade Sains Mahasiswa Republik ke-16.

- Advertisement -

Acara ini menjadi unik karena setiap universitas diwajibkan untuk mengirimkan tiga perwakilan terbaik mereka. Para mahasiswa dari 16 universitas di Kazakhstan bersaing dalam menyelesaikan soal-soal matematika seperti kalkulus, linear, dan aljabar, sesuai dengan keterangan resmi.

Setelah rangkaian acara Olimpiade, para peserta juga diajak untuk mengunjungi Museum Karlag yang terletak di pinggiran Kota Karaganda untuk melihat bekas penjajahan di bawah Rezim Stalin (Soviet).

- Advertisement -

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER