Dana Bansos PIP Cair 1 April 2023, Catat Tanggalnya

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Kabar gembira,bantuan sosial (bansos) kategori Program Indonesia (PIP) akan cair pada tanggal 1 April 2023. Sementara itu, bansos PIP dapat diambil mulai tanggal 1 April 2023 serta dapat di cek langsung oleh penerima secara online.

Pemerintah mencairkan dana bansos dan dapat diambil mulai tanggal 1 April 2023 serta dapat di cek langsung oleh penerima secara online.

- Advertisement -

Diketahui, pemerintah mencairkan dana bansos pada penerima PIP guna sebagai bentuk kepedulian negara terhadap pendidikan di Indonesia. Semetara itu pemerintah membantu dana pendidikan melalui program Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Kemudian dana bansos ini juga disalurkan untuk digunakan dalam membantu memenuhi biaya pendidikan personal untuk peserta didik yang namanya tercantum sebagai penerima PIP.

- Advertisement -

Untuk tahapan periode pencairan ini, pemerintah telah menetapkan jadwal pencairan dana KIP atau PIP yang akan segera dilakukan pada akhir bulan Maret 2023.

Dikutip dari laman Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek, surat pencairan dana bansos PIP 2023 termin satu telah diterbitkan sejak Jumat (24/3/2023).

- Advertisement -

Dalam surat tersebut sejumlah informasi disampaikan terkait dana pencairan PIP. Namun bagi para penerima bansos untuk pembiayaan pendidikan yang sudah mempunyai rekening simple aktif, bisa mulai mencairkan dana tersebut tanggal 1 April 2023.

Untuk total dana yang didapat setiap penerima bansos PIP 2023 berbeda setiap jenjang pendidikannya sebagai berikut:

-Untuk pendidikan Sekolah Dasar (SD) yakni sebesarRp 450 ribu per tahun.
– Untuk pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar Rp 750 ribu per tahun.
– Untuk pendidikan sekolah Menengah Atas (SMA) Rp 1 juta per tahun.

Dana yang disalurkan itu dapat penerima ambil melalui bank yang sudah bekerja sama untuk mendistribusikan bantuan biaya pendidikan.

 

Untuk bansos biaya pendidikan jenjang siswa tingkat atas atau sederajat akan disalurkan oleh Bank BNI.Sedangkan untuk jenjang siswa tingkat dasar serta tingkat pertama atau sederajat, disalurkan oleh Bank BRI. Dana bansos PIP ini sedang dalam proses pemindahan ke rekening penerima, selambat-lambatnya akan selesai pada tanggal 31 Maret 2023.

 

Berikut ini cara cek penerima bansos PIP secara online :

-Buka situs pip.kemendikbud.go.id
-Pilih menu’Cari Penerima PIP’
-Masukan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
– Masukan Nomor Induk KpKependudukan (NIK) yang ada dalam Kartu Keluarga
-Jawab pertanyaan berhitung pada layar Klik Cek Penerima PIP

-Jika sudah terdaftar penerima bansos PIP, maka akan muncul di dashboard identitas siswa, tahun PIP yang
didistribusikan, serta bank yang menyalurkan dana untuk penerima.

– Perlu diingat bahwa penerima bansos PIP yang diberikan kepada siswa , namanya juga dipastikan terdaftar dalam data
DTKS Kemensos. (Agus Irawan)

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER