Italia Kalah Gegara Gol Bunuh Diri

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Spanyol mengamankan kemenangan penting di Euro 2024 setelah berhasil menundukkan Italia dengan skor tipis 1-0. Pertandingan antara Spanyol dan Italia, yang berlangsung di AufSchalke Arena pada Jumat (21/6/2024) dinihari WIB, ditentukan oleh gol bunuh diri pemain Italia, Riccardo Calafiori, pada babak kedua.

 

- Advertisement -

Spanyol, yang dikenal dengan julukan La Furia Roja, menunjukkan dominasi mereka hampir sepanjang pertandingan. Dengan menguasai 57% penguasaan bola, Spanyol berhasil mencatatkan 20 tembakan, dengan delapan di antaranya mengarah ke gawang. Mereka juga menciptakan lima peluang emas, termasuk tembakan Nico Williams yang mengenai mistar gawang Italia.

 

Di sisi lain, Italia mengalami kesulitan untuk membebaskan diri dari tekanan Spanyol. Tim asuhan Roberto Mancini hanya mampu menghasilkan empat tembakan sepanjang pertandingan, dengan hanya satu yang mengarah ke gawang Spanyol.

- Advertisement -

 

Spanyol memulai pertandingan dengan kuat. Dalam dua menit pertama, Nico Williams mengirim umpan silang yang ditanduk oleh Pedri, namun berhasil ditepis oleh Gianluigi Donnarumma.

- Advertisement -

 

Spanyol terus menekan dan menciptakan beberapa peluang emas, termasuk serangan balik yang diakhiri oleh Alvaro Morata dengan umpan silang, yang disambut dengan sundulan oleh Williams tetapi masih meleset.

 

Italia, yang sulit keluar dari tekanan, akhirnya menciptakan peluang pada akhir babak pertama melalui serangan balik cepat oleh Federico Chiesa. Namun, tembakan Chiesa melambung jauh dari sasaran, menutup paruh pertama dengan skor 0-0.

 

Setelah jeda, Spanyol kembali menguasai permainan. Di menit ke-55, sebuah momen krusial terjadi ketika Nico Williams mengirim umpan silang dari sisi kiri, yang ditepis Donnarumma. Namun, bola pantulan tersebut mengenai Riccardo Calafiori dan masuk ke gawangnya sendiri, memberi Spanyol keunggulan 1-0.

 

Spanyol hampir menggandakan keunggulan mereka enam menit kemudian ketika Lamine Yamal melakukan penetrasi dan melepaskan tembakan melengkung yang melebar tipis dari gawang Italia. Italia mencoba membalas melalui peluang dari Bryan Cristante yang mengirim umpan silang ke Mateo Retegui, tetapi tidak berhasil dimanfaatkan.

 

Spanyol terus mengancam dengan serangan dari Nico Williams yang menggiring bola melewati penjaganya sebelum melepaskan tembakan keras yang menghantam mistar gawang Italia. Italia berusaha bangkit dengan memanfaatkan situasi set-piece, tetapi tendangan penjuru Cristante hanya berakhir di pelukan kiper Spanyol, Unai Simon.

 

Di menit-menit akhir, Alex Baena dua kali mengancam gawang Italia, namun Donnarumma kembali menjadi pahlawan dengan dua penyelamatan gemilang. Italia mendapatkan peluang terakhir melalui sepak pojok, dengan Donnarumma turut maju ke area penalti Spanyol, tetapi tidak ada gol tambahan yang tercipta.

 

Dengan kemenangan ini, Spanyol memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2024 sebagai juara Grup B, mengumpulkan enam poin. Mereka unggul tiga poin dari Italia dan lima poin dari Albania serta Kroasia. Dengan satu pertandingan tersisa di fase grup, Spanyol tidak bisa lagi dikejar oleh Italia karena unggul dalam pertemuan langsung (head to head).

- Advertisement -

BACA LAINNYA

Mengungkap Rahasia Mengapa Harga Anggur Bisa Membuat Dompet Anda Menjerit

JCCNetwork.id-  Buah anggur adalah buah kecil yang memiliki rasa manis dan segar, sering dikonsumsi langsung atau digunakan dalam berbagai hidangan dan minuman. Anggur kaya...

BERITA TERBARU

EKONOMI

TERPOPULER