Wapres Malawi dan 9 Penumpang Hilang dalam Penerbangan Menuju Mzuzu

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Sebuah pesawat milik Angkatan Pertahanan Malawi yang membawa Wakil Presiden Saulos Klaus Chilima bersama sembilan penumpang lainnya dilaporkan hilang. Kantor Presiden dan Kabinet Malawi mengonfirmasi bahwa pesawat tersebut menghilang dari pantauan radar pada pukul 09.17 pagi waktu setempat, setelah lepas landas dari ibu kota Lilongwe.

“Semua upaya oleh otoritas penerbangan untuk melakukan kontak dengan pesawat tersebut sejak menghilang dari radar sejauh ini gagal,” kata Kantor Presiden dan Kabinet Malawi dan dikutip The New Daily, Selasa, 11 Juni 2024.

- Advertisement -

Pesawat itu dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Mzuzu pada pukul 10.02 pagi. Namun, hingga berita ini ditulis, tidak ada tanda-tanda keberadaannya.

Presiden Malawi, Lazarus Chakwera, telah mengambil tindakan cepat dengan membatalkan rencana perjalanannya ke luar negeri. Langkah ini diambil segera setelah dia diberitahu mengenai insiden tersebut oleh Jenderal Valentino Phiri, kepala angkatan bersenjata Malawi. Chakwera langsung memerintahkan pihak berwenang untuk segera melancarkan operasi pencarian dan penyelamatan.

Presiden memerintahkan pihak berwenang untuk “melakukan operasi pencarian dan penyelamatan untuk menemukan keberadaan pesawat tersebut,” ucap keterangan dari kantornya.

- Advertisement -

Saulos Klaus Chilima, yang berusia 51 tahun, adalah tokoh penting dalam politik Malawi. Pada tahun 2019, Chilima mencalonkan diri dalam pemilihan presiden dan berhasil meraih posisi ketiga. Pemilihan tersebut dimenangkan oleh petahana saat itu, Peter Mutharika. Namun, kemenangan itu dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi Malawi karena adanya indikasi kejanggalan.

Setelah pemilihan yang kontroversial itu, Chilima bergabung dengan Lazarus Chakwera dalam kampanye pemilihan ulang yang berlangsung pada tahun 2020. Pasangan ini berhasil mencetak sejarah dengan memenangkan pemilihan tersebut, menjadikan Chakwera sebagai presiden baru Malawi. Ini adalah peristiwa bersejarah di Afrika, di mana keputusan pengadilan yang membatalkan hasil pemilu mengakibatkan kekalahan bagi presiden yang sedang menjabat.

- Advertisement -

Saat ini, operasi pencarian dan penyelamatan sedang berlangsung intensif. Tim penyelamat berusaha keras untuk menemukan jejak pesawat yang hilang di kawasan yang luas dan menantang. Keluarga penumpang dan rakyat Malawi menunggu dengan penuh harap dan kecemasan akan berita baik tentang keselamatan Wakil Presiden Chilima dan mereka yang bersamanya.

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER