Waspada Penipuan Kedok Kirim Surat Tilang Lewat WhatsApp

BACA JUGA

OLAHRAGA

TECHNOLOGY

HIBURAN

JCCNetwork.id- Penipuan lewat aplikasi WhatsApp terus berubah-ubah. Kali ini,  menggunakan modus kirim surat tilang lewat WhatsApp ke calon korban dengan mengatasnamakan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Jika korban tidak awas dengan pengelabuan macam ini, sangat terbuka kemungkinan mereka mengunduh dan membuka file surat tilang itu.

- Advertisement -

Menurut Alfons Tanujaya, pakar keamanan siber, aksi kejahatan surat tilang ini merupakan variasi modus lain yang dijalankan para penjahat pembuat file. APK untuk membajak SMS, termasuk SMS One Time Password (OTP), yang akan mem-forward SMS tersebut ke aplikasi pesan lain seperti Telegram.

Penjahat siber bermodus surat tilang ini dapat mencuri akun WhatsApp korban, membobol akun m-banking untuk menguras habis saldo bank korban, yang mana aktivitas verifikasinya dilakukan via SMS.

“Jika file APK yang dikirim penjahat siber ini diinstal dan berjalan di HP Android korban, maka ia akan membajak semua SMS yang masuk ke nomor HP korban dan mem-forward SMS tersebut ke aplikasi pesan lain seperti Telegram,” tutupnya.

BERITA TERBARU

spot_img

EKONOMI

TERPOPULER